Sunday, December 31, 2017

My acne skin/ sensitive skin?

Ngomongin soal kulit memang ga akan pernah ada habisnya. Aku memiliki kulit berminyak cenderung berjerawat. Bukan banyak jerawat kaya gitu yah. Tapi mudah sekali berjerawat dan berkomedo. Kemudian jerawatnya muncul besar dan terlihat menonjol serta bernanah seperti bisul. Ini aku alami setahun belakangan. Setiap periode menstruasi pasti muncul jerawat segede gaban baik dihidung atau pipi. Setelah periode mens selesai jerawat itu tinggal bekasnya namun lama sekali hilangnya hingga periode mens berikutnya muncul kembali jerawat ditempat lain dengan frekuensi nanah lebih besar.

Dulu aku tidak pernah berjerawat sebesar itu. Semua itu dimulai ketika aku memulai perawatan/ pemutih di klinik kecantikan. Jangankan di klinik, beli online saja aku sudah sering. Membeli krim pemutih bagiku seperti beli permen coklat. Tinggal satu kali klik. Memang kulit aku menjadi putih dan mulus saat itu, sehingga aku bebas dan semakin menjadi membeli krim apapun yang aku mau baik di klinik dan online. That was the biggest mistake ever.

Aku merasakan efeknya setelah aku berhenti di klinik dan
krim online itu. Kulit aku jadi kasar di bagian pipi dan hidung, berminyak di daerah T, sebum menyumbat di hidung, dahi dan dagu. Walaupun aku bersihkan dengan milk cleanser dan toner VIVA, tidak banyak membantu. Aku oleskan minyak jaitun setiap malam juga tidak banyak efek. Kulit aku semakin kusam, dan banyak bekas jerawat seperti tidak pernah dirawat dan seperti jorok (tidak pernah membersihkan wajah). Semenjak itu aku ga bisa lepas dari BB cream. Aku ga pede dengan kulit asli aku.
Dan ternyata kulit akujadi sensitive. Kulit sensitive itu tidak melulu dialami oleh kulit putih yang kemerahan kalo terkena sinar matahari. Aku juga pemilik kulit sawomatang bisa juga mengidap kulit sensitive. Aku memang tidak dilahirkan dengan kulit sensitive. Kulit sensitive aku akibat dari pemakaian skincare yang mengandung mercury atau bahan berbahaya
lainnya. Dan aku benar-benar tobat. Aku mulai memakai skin care drugstore aja.

Pertama aku coba facial foam citra anti acne yang variant green tea. Aku coba masih tetap muncul jerawat ya. Katanya sih 99% mengurangi bakteri jerawat. Tapi tidak di aku. Kemudian membuat kulit aku kering.  Pas aku baca, kandungan utamanya mystic acid, bukan air. Pantas bikin kering. Aku beli 50 gram seharga RP. 15.000. Plusnya sih ada sensasi warm kayak matcha gitu pas di pake ke wajah. Nah untuk treatment care nya aku pakai verile acne gel, dan alhamdulilah jerawatnya kempes dalam beberapa hari.  Aku beli Verile di apotek seharga RP. 16.000
 Jadi aku combine penggunaannya. Pertama aku bersihkan wajah dengan citra. Kemudian aku oleskan verile di jerawat. Aku suka banget verile, gel nya bening jadi bisa dipake dimana saja dan kapan saja. Kemudian sensasinya dingin dan meredakan jerawat dalam beberapa hari. Minusnya tidak bisa menghilangkan bekas jerawat.
Aku juga mulai rajin steam wajah aku dengan air panas yang aku taruh dimangkok dan aku uapin kemuka aku gitu. Lumayan komedo berkurang dan pori pori menjadi tertutup. Setelah itu aku scrub pakai masker kopi / tomat dan dilanjutkan dengan masker ovale yang lemon.enak banget masker ovale ini, shootingnya keren dimuka aku,mengurangi minyak dan wanginya lemon banget, cara pakainya juga mudah dan murah hanya RP.7000 aja di alfamart.
Aku pengen sekali nyobain cetaphil gentle cleanser yang cocok untuk kulit sensitive. Tapi harganya mahal banget dan didaerah aku ga ada. Harus via online kalo beli. Takut juga ya masih trauma, taku palsu atau oplosan?
Jadi aku coba beli pond’s facial foam aku sih pengennya yang anti acne clear solution yang mengklaim mengurangi jerawat dalam 3 hari tapi si mba SPG malah kasih aku pond’s facial scrub anti acne, yasudahlah tak apeu. Lagian aku lagi butuh scrub buat wajah aku. Semoga cocok deh. Aku beli yang 50 gram dengan harag RP. 15.000 di toko kosmetik. Kemudian aku baca ingredientsnya hampir sama kaya Citra bahan utamanya Mystric acid, bukan water. Tapi plusnya sama kaya Citra tidak mengandung paraben, bedanya citra mengandung green tea,kalo Pond’s mengandung herbs. Bahan-bahan alami kaya basil gitu yang dipatenkan oleh Pond’s institute.

Kalo moisturizer dulu aku pakai Wardah , tapi oily banget ya di aku, malah jadi tambang minyak. Tapi aku suka teksturnya yang tidak matte. Karena kalo untuk style wajah aku suka ke korea gitu yang glowing. Tapi karena oily skin aku makin parah dengan berat hati aku meninggalkan cream wardah ini. Aku tetap menggunakan bb cream nya saja. Claimnya sih oil free tapi tetap ada oily di wajah aku, but it’s oke. Karena itu tadi aku tidak terlalu suka matte look. Kesannya kaku dan tidak natural. So aku akan tetap menggunakan bb cream dari wardah.

Aku lihat di alfamart ada diskon Olay natural white 20gram Cuma RP. 11000 saja, sontak aku beli. Teksturnya cepat menyerap dan tidak oily. Tapi untuk mencerahkan aku belum lihat hasilnya. Produk asal Thailand ini memang bagus tapi kalo untuk repurchase aku ga tau karena pasti harga normalnya mahal wkwkwkw.
Rekomendasi teman aku yaitu DD cream wardah yang bisa bikin flawless dan lebih bagus dari BB cream, so aku beli di toko kosmetik harganya dibawah 30rb. Aku belum menemukan review bagus di youtube. Dan aku belum nyoba.
Oke aku bakal review lagi skin care aku next time ya. Jika ada pertanyaan please leave your comment below ! thanks !

No comments:

Post a Comment