Sunday, October 18, 2020

Biaya Perawatan gigi, biaya tambal gigi, Biaya ke dokter Gigi.

 Halo semua

sumber:google images

Long time no se.. apa kabar? Semoga sehat selalu. hari ini aku bakal share pengalaman pribadi aku merawat gigi. Jujur setelah beranjak dewasa aku lebih sering merasa sakit gigi, rasanya ngilu, sakit berdengung, dan tidak bisa tidur. Aku sempat ke puskesmas untuk memeriksa, namun hanya diberi obat dan diberikan tambalan sementara tanpa ada informasi lebih lanjut. lalu aku memeriksa ke puskesmas yang lain. Jawabannya sama, gigi aku berlubang di kiri dan kanan(geraham bawah) diberikan obat dan ditambal sementara. 

waktu itu harga tambal sementara di Puskemas RP.20.000/ Gigi. Harga bisa berbeda-beda tergantung puskesmas dan jenis gigi berlubang yang teman teman punya. kemudian beberapa bulan kemudian saya memutuskan ke Klinik terpadu didekat rumah. Dokter menjelaskan saya harus melakukan perawatan gigi.

 1. tambal sementara

2. tambal permanen

3. reguler check up

Waktu pertama datang ada 3 lubang di gigi saya yang harus ditambal, saya dikenakan RP.275.000. Belum termasuk obat. Obat kurang lebih 80.000. (Harus ditebus diapotik). Karena saya malas dan kaget dengan biayanya saya tidak melanjutkan perawatan. saya juga tidak sreg dengan klinik tersebut. Terlalu sepi untuk ukuran klinik terpadu.

Kemudian tambalan sementara terlepas karena saya tidak melanjutkan perawatan. Di awal Tahun 2020, saya kembali merasakan sakit gigi. Lalu saya pergi ke puskesmas. Tidak ada tindakan, saya hanya diberikan obat. Dokter atau petugas medis disana hanya menyarankan saya untuk cabut gigi. Namun saya belum siap. Karena gigi geraham adalah gigi utama untuk mengunyah makanan. Masalahnya gigi geraham kiri dan kanan saya berlubang bahkan mahkotanya nyaris hilang. Kebetulan jika dicabut saya hany keluar biaya extra untuk memasang gigi implan.

karena tidak puas dengan pelayanan petugas medis di puskesmas. Saya mencari Dokter gigi terbaik di tempat saya tinggal. Akhirnya saya menemukannya. Letaknya tidak jauh dari tempat klinik terpadu tempat saya berobat dulu. Dan untuk membuat janji temu harus lewat Google form. Tidak bisa datang langsung. Bahkan saya daftar senin lalu dijadwalkan hari sabtu. Ketika saya datang saya diberikan edukasi dulu mengenai keadaan gigi saya. gigi geraham kiri saya mahkotanya sudah nyaris hilang dan lubangnya mendekati syaraf. Sementara gigi geraham kanan saya lubangnya sudah mengenai enamel gini. Berikut saran dari dokter:

1. tambal sementara gigi geraham kanan

2.tambal permanen gigi geraham kanan

3. check up gigi geraham kanan

4. tambal sementara gigi geraham kiri

5. tambal permanen gigi geraham kiri

6. check up gigi geraham kiri

7 scaling atau pembersihan karang gigi

Lalu saya mengikuti saran dari dokter, kurang lebih 7x pertemuan harus saya lakukan. Dan saya berniat untuk menyelesaikan perawatan gigi saya. Berikut biaya yang harus saya keluarkan:

1. tambal sementara gigi geraham kanan RP. 175.000

2.tambal permanen gigi geraham kanan RP.300.000

3. check up gigi geraham kanan Dan tambal gigi sementara gigi geraham kiri RP.200.000

4. Tambal sementara gigi geraham kiri(ganti obat) karena gigi sudah goyah dan syaraf sudah terinfeksi. Rp. 175.000

Untuk point selanjutnya akan saya update.

Kesehatan itu memang mahal. Saya sendiri dari kecil sudah rutin menyikat gigi 2x sehari. Namun check up ke dokter minimal 6 bulan sekali itu wajib. Agar bisa ditangani lebih dini. Semoga teman tidak ada yang mengalami hal serupa seperti saya. Dan perlu diperhatikan bahwa ini hanya pengalaman pribadi saya. Disetiap tempat itu harga perawatan gigi berbeda. Bisa saja perawatan saya lebih murah/mahal daripada teman.

Terimakasih

No comments:

Post a Comment